Sabtu, 31 Oktober 2009

Apa itu ikan remora dan bagaimana perilakunya?


Selama ini kita mengenal simbiosis antara ikan remora dengan hiu. Hampir semua anak SD mengetahui. Tentunya karena ini pelajaran wajib saat kita SD, tapi tahukan anda bahwa tidak semua ikan remora ternyata menempel pada hiu.

Ikan remora tidak selalu harus menempel pada hiu, Dia bisa juga menempel/ikut dengan ikan lain bahkan penyelam.
Remora juga tidak selamanya mengikuti "inangnya" bisa juga dia berenang sendiri atau berkelompok. Jadi remora bukan termasuk yang "setia" ikut inangnya.

Inang ikan remora bukan hanya ikan hiu tetapi juga ikan-ikan lain termasuk ikan pari manta yang diakui sebagai ikan pari terbesar di dunia. Namun, harus diakui jika memang kebanyakan ikan remora menempel pada hiu.

Ada beberapa alasan mengapa ikan remora banyak memilih hiu sebagai inangnya. Hiu berenang cenderung lambat, kecuali pada saat menyerang. shg mudah diikuti Cara makan hiu yang menggigit/mencabik membuat banyak serpihan yang dapat dimakan oleh remora. Selain itu dengan berada di dekat inangnya, ikan remora akan merasa terlindungi. Dia tidak akan dikejar-kejar predator, karena sebelum memakan mereka pastinya akan dimakan dahulu oleh si inang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar