Sabtu, 31 Oktober 2009

Ikan pari apa yang paling besar di dunia?


Ikan pari Manta diakui sebagai ikan pari terbesar di dunia. Dari laporan selama ini, ukuran ikan pari manta terbesar aalah 9,1 meter dari ujung sirip dada ke ujung sirip dada lainnya. Perkiraan berat ikan ini berkisar 3 ton perekornya.

Pari manta biasa disebut sebagai ”pari elang” karena ia tidak tinggal di dasar laut dan berenang bebas sehingga sepintas terlihat seperti burung elang yang sedang terbang di dalam laut. Selain itu walaupun seekor ikan, pari manta juga bisa meloncat ke permukaan air, yang mana saat ini diperkirakan bahwa perilakunya disebabkan untuk tujuan menyelamatkan diri.

Karena ukura tubuhnya yang sangat besar, maka predator pari manta hanya 1, yaitu hiu macan. Ikan lainnya tidak cukup memasukkan pari manta ke dalam mulutnya. Ikan pari ini dapat ditemukan hampir di seuruh lautan tropis di seluruh dunia.

Persebarannya yang luas dan penampilannya yang unik menyebabkan ikan ini memiliki banyak nama mulai dari "manta Pasifik", "manta Atlantik", "devil fish", hingga "sea devil". Di Indonesia sendiri, pari manta memiliki aneka nama lokal seperti cawang kalung, plampangan, serta pari kerbau

Tidak ada komentar:

Posting Komentar