Kamis, 16 Juli 2009

Apa itu kunci pada musik?

Kunci dalam suatu partitur memerankan peranan penting. Tanpa kunci kita tidak tahu nada apa yang harus dimainkan. Tanpa kunci kita juga tidak tahu nada tersebut harus dimainkan seberapa tinggi atau seberapa rendah.

Ada tiga macam kunci yaitu:

  1. Kunci G atau trebble clef
    Kunci G sering juga disebut kunci biola. Sebab jenis kunci ini digunakan oleh instrumen biola. Selain digunakan oleh instrumen biola, kunci G juga digunakan oleh instrumen dengan pitch tinggi seperti flute, oboe, clarinet, saxophone, piano (umumnya tangan kanan), trompet, dan lainnya. Kunci G menunjukkan letak nada G di atas middle C. Letak nada G adalah garis paranada yang dilewati lengkungan spiral kunci G.
  2. Kunci F atau Bass Clef
    Kunci F sering juga disebut kunci bass. Kunci jenis ini digunakan oleh instrumen-instrumen bernada rendah seperti contrabass, cello, trombone, timpani, gitar bass, piano (umumnya tangan kiri), dan lainnya. Kunci F menunjukkan letak nada F di bawah middle C. Letak nada F adalah garis paranada yang berada di antara dua titik kunci F.
  3. Kunci C atau C clef
    Kunci C biasanya digunakan oleh instrumen tenor dan alto seperti bassoon, cello, dan viola. Kunci C menunjukkan letak middle C. Letak middle C adalah garis paranada yang berada di tengah-tengah kunci C. Ada perbedaan antara letak kunci C yang digunakan pada viola dan bassoon & cello. Pada viola, letak middle C adalah di garis paranada ketiga. Ini disebut kunci alto. Sedangkan pada bassoon & cello, letak middle C adalah di garis paranada ke empat dari bawah. Ini disebut kunci tenor.

(dari kiri ke kanan: kunci G, kunci F, kunci C alto, dan kunci C tenor)

1 komentar:

Pernak Pernik Musik mengatakan...

Butuh pernak-pernik musik? Bingung cari dimana?

Tidak perlu lagi bingung, karena kini pernakpernikmusik.com hadir untuk membantu anda. Kami menyediakan aneka pernak-pernik yang bernuansa musik seperti tas, payung, syal, bantal, jewelleries, stationeries, housewares, dan lainnya. Dan tentunya dengan harga yang terjangkau.


www.pernakpernikmusik.com

Posting Komentar