Kamis, 16 Juli 2009

Apa itu not?

Not adalah simbol dalam musik untuk suara dengan pitch tertentu. Ada dua macam not, yaitu not balok dan not angka. Not angka, sesuai namanya dilambangkan dengan angka-angka. Sedangkan not balok dilambangkan dengan bulatan-bulatan, baik bertangkai ataupun tidak yang diletakkan di dalam garis-garis paranada


Struktur Not Balok

Nilai Not Balok

Not balok ada yang kepalanya berwarna hitam, ada juga yang putih. Ada yang bertangkai, ada yang tidak. Ada pula yang tangkainya memiliki bendera. Selain itu jumlah bendera pun bisa bermacam-macam. ada banyak variasi ada yang 1 bendera, 2 bendera bahkan hingga 3 bendera. Namun biasanya ketika bndera ada banyak, kebanyakan akan langsung digabung dengan not yang lain membentuk ebuah garis antara 1 not ke not yang lain. Kepala not, tangkai not, dan bendera not menentukan nilai ketukan setiap not.

Berikut hitungan pada not balok

Nilai yang terbesar adalah alla breve yang meiliki 2 kali hitungan dari not penuh. Not ini tidak akan dibahas karena jarang digunakan.


Breve atau disebut sebagai not penuh.

Not ini memiliki 4 ketukan








Minim atau not 1/2

Not ini memiliki 2 ketukan









Crochet atau not 1/4

Not ini memiliki 1 ketukan








Quaver atau not 1/8

Not ini memiliki setengah ketukan









Semi quaver atau not 1/16

Not ini memiliki seperempat ketukan










not-not di atas belum semuanya dicantumkan. masih ada beberapa jenis not yang lainnya.

Untuk not-not yang memiliki bendera maka dapat digabungkan misalnya gabungan antara 2 buah quaver, maka akan menjadi:

1 komentar:

Pernak Pernik Musik mengatakan...

Butuh pernak-pernik musik? Bingung cari dimana?

Tidak perlu lagi bingung, karena kini pernakpernikmusik.com hadir untuk membantu anda. Kami menyediakan aneka pernak-pernik yang bernuansa musik seperti tas, payung, syal, bantal, jewelleries, stationeries, housewares, dan lainnya. Dan tentunya dengan harga yang terjangkau.


www.pernakpernikmusik.com

Posting Komentar