Kamis, 19 April 2012

Apa itu sasando?


Sasando adalah alat musik berdawai. Instrumen musik ini berasal dari Pulau Rote Nusa, Tenggara Timur. Secara harfiah Sasando menurut asal nama katanya di Rote, sasandu, yang berarti alat yang bergetar atau berdering. Konon sasando digunakan di kalangan masyarakat Rote sejak abad ke-7. Ada kemiripan dengan bentuk instrumen senar sasando lainnya seperti gitar, biola dan kecapi.

Bagian utama sasando berbentuk tabung panjang yang biasa dibuat dari bambu. Kemudian di tengah, melingkar dari atas ke bawah adalah baji-baji di mana string (string) membentang di tabung, dari atas ke bawah bertumpu. Baji baji memberikan nada yang berbeda untuk setiap bagian akord. Lalu tabung sasando ditempatkan dalam sebuah wadah yang dibuat dari semacam anyaman daun kelapa dibuat seperti kipas. Perancah adalah tempat resonansi sasando.

1 komentar:

Pernak Pernik Musik mengatakan...

Butuh pernak-pernik musik? Bingung cari dimana?

Tidak perlu lagi bingung, karena kini pernakpernikmusik.com hadir untuk membantu anda. Kami menyediakan aneka pernak-pernik yang bernuansa musik seperti tas, payung, syal, bantal, jewelleries, stationeries, housewares, dan lainnya. Dan tentunya dengan harga yang terjangkau.


www.pernakpernikmusik.com

Posting Komentar