Jumat, 23 April 2010

Terbuat dari apakah gabus itu?

Gabus adalah kulit luar dari pohon oak gabus. 2/3 dari suplai gabus dunia berasal dari Spanyol dan Portugal, dimana pohon oak gabus dipelihara dengan baik.

Pohon oak gabus tumbuh setingg 6 hingga 12 meter dan seringkali diameternya sampai 1,2 meter. Kulit pohon ini bisa dikelupas untuk pertama kalinya saat pohon berusia 20 tahun. Hal ini tidak membunuh pohon tersebut, justru menguntungkan.

Sekitar 9 tahun kemudian, gabus dikelupas lagi. Dua pengelupasan pertama biasanya menghasilkan gabus yang kasar, sedangkan pengelupasan berikutnya menghasilkan gabus yang lebih bermutu.

Setelah dikelupas, gabus dibiarkan selama beberapa minggu agar mengering dan kemudian direbus agar melunak dan menhilangkan asam tannin. Setelah direbus, gabus dibentangkan di atas lembaran datar yang lentur, agar mengering dan kemudian dibungkus untuk dikirim di berbagai belahan di dunia.

Ada 2 jenis gabus mentah: Yang pertama adalah kayu gabus, yang banyak digunakan untuk tutup botol, pelampung dan penyelamat hidup. enis yang kedua adalah gabus giling yang dipakai untuk pelapis pipa, pengisi sepatu lapisan gas pada mobil dan pelapis tutup botol.

Salah 1 penggunaan gabus yang paling banyak saat ini adalah untuk pembentukan ruang kedap suara, dan untuk instalasi gudang, ruang pembeku dan lemari es.

Sumber : Aku ingin tahu 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar