Rabu, 24 Maret 2010

Bagaimana cara membuat gmail?

Saat ini nama Google terkenal sebagai search engine nomer satu. Sebenarnya selain mesin pencari (search engine), banyak aplikasi lain yang dimiliki oleh Google. Blogger yang kita lihat dan gunakan ini juga milik Google lho. Gmailmerupakan singkatan dari Google mail, merupakan layanan email milik Google juga. Selain itu ada Google Analytic, Google Webmasters Tool, Google AdSense, Google Adwords, dsb. Alangkah baiknya bila kita mengintegrasi layanan Google ini dengan memiliki account email di Gmail.

Proses pendaftaran di Gmail mudah kok dan asyiknya kapasitasnya begitu besar dan terus bertambah sehingga kita tidak perlu bingung menghapus email yang lama. Sebagai contoh saat ini saya menggunakan 228 MB account Gmail, itu katanya masih 3% dari total kapasitas 7275 MB. Jadi tenang aja, Gmail bisa digunakan untuk memuat file-file yang perlu didownload yang membutuhkan kapasitas besar.

Berikut langkah-langkah pendaftaran ke Gmail:
1. Ketikkan di browser Anda alamat URL Gmail:http://mail.google.com (tekan enter)
2. Klik Sign up for Gmail
3. Isi First name dengan nama depan Anda
4. Isi last name dengan nama akhir Anda
5. Desired login name merupakan alamat email kita, sekaligus sebagai username pada beberapa layanan Google lain (Blogger, Google Webmaster Tools, Google Analytics, dsb)
6. Check avaibility: tekan tombol ini untuk memastikan / mengecheck apakah alamat email yang kita daftarkan masih tersedia atau tidak. Jika berwarna biru berarti alamat email tersebut bisa kita gunakan. Sedangkan bila berwarna merah berarti kita perlu mencari alternatif nama untuk alamat email kita.
7. Choose a password: isi password Anda dengan minimal 8 karakter. Password yang baik adalah yang sulit ditebak, sebaiknya gunakan kombinasi huruf besar dan kecil ditambah dengan angka. Tapi jangan terlalu sulit sampai Anda sendiri tidak dapat menghafalnya.
8. Re-enter password: isikan kembali password yang tadi telah Anda ketik. Anda bisa menggunakan opsi "remember me on this computer" bila komputer / laptop yang Anda gunakan milik pribadi dan Anda yakin akan keamanannya.
Centang juga "Enable Web History" sehingga Google bisa memberikan saran pada saat kita butuh mengisi form alamat email.
9. Security Question: pilih pertanyaan rahasia yang akan berguna saat Anda lupa password.
10. Answer: tuliskan jawaban dari pertanyaan rahasia di nomer (9).

11. Secondary email: Isi dengan alamat email lain (jika Anda punya). Hal ini berguna bila suatu saat kita lupa password Gmail, Blogger, maupun jasa-jasa layanan Google lainnya, password dapat dikirim ke email cadangan ini.
12. Location: pilih negara tempat kita tinggal, Indonesia
13. Word verification: ketik teks / kode yang Anda lihat di layar komputer Anda. Hal ini berguna untuk mengantisipasi spam.
14. Term of service: TOS ini merupakan perjanjian yang wajib kita patuhi. Jika kita melanggar TOS kita bisa dihentikan sebagai partner Google. Tekan tombol "I Accept. Create my account".

Selesai sudah tahapan pembuatan email di Google mail (Gmail). Klik link yang berwarna biru. I'm ready - show me my account. Selanjutnya kita dapat melihat tampilan halaman Gmail.

Sumber : http://strategi-internet-marketing.blogspot.com/2008/12/cara-membuat-google-mail-gmail.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar