Minggu, 21 Maret 2010

Apa itu garis paranada?


Dalam bermain musik, biasanya menggunakan notasi not balok yang ditulis pada garis paranada. Garis paranada secara internasional disebut sebagai stave. Garis paranada terdiri dari 5 garis horisontal sejajar dengan jarak yang sama. Tiap garis dan tiap spasi memiliki bunyi atau nada yang berbeda. Dan untuk memainkan piano, biasanya menggunakan 2 garis paranada seperti berikut.


Pada bagian atas terdapat treble clef atau kunci "G", karena penulisan tanda tersebut dimulai dari garis ke 2 yaitu nada g. Sedangkan yang dibawah disebut bass clef atau kunci "F", karena penulisan tanda tersebut dimulai dari garis ke 4 yaitu nada f. Pembacaan nada pada kedua garis sangat berbeda, karena kunci g memiliki nada lebih tinggi dibanding kunci f. Dalam bermain piano, garis paranada atas umumnya dimainkan dengan tangan kanan dan yang bawah dimainkan dengan tangan kiri. Namun, tidak harus kunci g dimainkan dengan tangan kanan ataupun kunci f dimainkan dengan tangan kiri, karena keduanya bisa saja berada dalam 1 garis paranada yaitu bila terjadi pergantian kunci. Apabila dimainkan dari bawah ke atas, maka keduanya akan bertemu pada nada c (do) yang terletak ditengah - tengah antara 2 kunci tersebut.

1 komentar:

Pernak Pernik Musik mengatakan...

Butuh pernak-pernik musik? Bingung cari dimana?

Tidak perlu lagi bingung, karena kini pernakpernikmusik.com hadir untuk membantu anda. Kami menyediakan aneka pernak-pernik yang bernuansa musik seperti tas, payung, syal, bantal, jewelleries, stationeries, housewares, dan lainnya. Dan tentunya dengan harga yang terjangkau.


www.pernakpernikmusik.com

Poskan Komentar