Ketika kita ingin mengajar dengan musik adalah pendekatan-pendekatan yang spesifik dalam mengajarkan musik pada kelompok usia yang berbeda.
Untuk anak-anak yang berumur 2 – 5 tahun ditekankan pada vokal dan iramanya saja dan tidak perlu menggunakan piano untuk mengiringi mereka menyanyi. Jika menggunakan piano, maka piano harus dimainkan dengan sangat lembut, pelan-pelan, mengikuti irama mereka bukan dengan nada yang tinggi dan keras. Tujuan utama menggunakan piano pada anak-anak yang masih kecil adalah untuk menciptakan suasana dan situasi. Rekaman kaset juga memiliki tujuan yang sama tetapi hasilnya jauh tidak lebih baik.
Tempo yang digunakan tidak boleh cepat, kalimatnya harus pendek, dan nada yang digunakan harus disusun dibawah C rendah.
Sebelum mengajarkan sebuah lagu baru, guru harus mempelajari terlebih dahulu lagu tersebut, mencobanya dan menyanyikannya beberapa kali sebelum anak-anak menyanyikannya. Melodi dan temponya juga harus jelas. Anak-anak tidak boleh dipaksa untuk menyanyi dengan suara dan tekanan yang keras. Hal itu bisa merusak perkembangan suara mereka.
Pesan yang ingin disampaikan dalam lagu tersebut bisa sampaikan dengan menggunakan contoh slide, gambar, atau papan flanel. Karena anak-anak yang masih kecil biasanya tidak cepat menjadi bosan, maka lebih baik mengajarkan beberapa lagu secara teratur daripada mengajarkan banyak lagu pada saat yang bersamaan.
Musik bagi anak yang berusia 4 dan 5 tahun harus pendek dan sederhana, nada yang digunakan tidak tinggi karena bisa membuat anak menjadi bingung.
Untuk anak-anak yang berusia 6 hingga 8 tahun, mereka belajar dengan sangat cepat tetapi juga sangat cepat melupakannya; sehingga sangatlah penting untuk mengulang lagu yang sama selama beberapa minggu dalam sebuah kelompok ataupun secara tunggal sampai lagu tersebut diingat. Kata-kata dalam lagu tersebut harus singkat dan nada yang digunakan adalah nada sedang tetapi temponya harus lebih cepat dari anak-anak usia dibawahnya. Lagu itu harus lebih lincah dan ceria.
Anak pada usia 9 hingga 13 tahun telah membentuk keahlian mereka dalam membaca dan kemampuan mereka dalam mengingat sehingga penting untuk menantang kemampuan mereka ini untuk mengingat lagu-lagu. Pada level ini, tinggi nada dan panjangnya kalimat lagu bisa lebih menantang. Gaya musiknya bisa lebih bervariasi dan seharusnya merupakan hiburan bagi mereka. Yang harus diingat pada saat pelajaran musik adalah pelajaran harus menarik dan menyenangkan tanpa mengurangi kualitas pengajaran yang diberikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar