Selasa, 21 September 2010

Kenapa Elang banyak dijadikan symbol?

“Elang. Ada opini yang menarik mengenai simbol yang kedua ini. Orang Amerika bangga akan simbol elang karena mereka menganggap elang adalah hewan yang paling cerdas diantara hewan-hewan yang lain. Dan juga ini didasari oleh pepatah yang mengatakan; “An adroit man is such as an eagle which always hides its claws” [manusia yang pandai adalah laksana elang yang menyembunyikan kuku-nya]. Juga bila kita melihat fenomena elang apabila ingin mencengkram sesuatu (baik korban atau sasarannya), ia akan melakukan pengamatan dengan teliti terlebih dahulu sebelum melakukan aksi ‘maneuver’-nya itu. Dan tahukah anda, setidaknya, menurut Discovery Channel, tingkat keberhasilan elang itu mampu menembus diatas 92,5 %! Sungguh hal yang luar biasa!”

Dikutip dari: http://anton-rustanto03.blogspirit.com/archive/2007/08/13/memaknai-esensi-simbol-nasionalisme-kita.html

“Bahkan sejak ribuan tahun lalu, pasukan Romawi sudah menggunakan simbol elang emas sebagai perlambang kekuatan dan keberanian.”

Dikutip dari www.harian-global.com/news.php?item.13332.3

“Burung yang lain adalah burung Elang, burung ini dijadikan sebagai simbol peradaban Barat yang memang sudah digunakan sejak masa 3000 sm di Sumeria. Dalam mitologi Yunani, Elang menjadi pembawa pesan dari Dewa Zeus. Sedangkan pada zaman Romawi di Eropa, elang ( Golden eagle ), juga menjadi simbol mereka. Dan jenis ini juga dijadikan simbol perang pada banyak suku-suku Indian di Amerika Utara semasa awal pendudukan Inggris. Tahun 1782 , “ The Bald Eagle “ dijadikan simbol pada bendera US.”

Dikutip dari: http://thedemit.blogspot.com/2006/06/burung-sebagai-simbol-budaya-dan_06.html

Elang memiliki banyak sekali kelebihan seperti dapat terbang tinggi, mencapai 10.000 kaki, melebihi jauh dari ketinggian terbang burung-burung lain. Memiliki sayap lebar, sehingga terlihat kokoh dan elegan. Penglihatan tajam. Kemampuan hidup di iklim yang dingin, bahkan sangat dingin, dikarenakan ketebalan bulunya ia dapat menyesuaikan diri dalam keadaan iklim apapun.

Elang seperti yang ada pada penjelasan sebelumnya, memiliki daya penglihatan yang tajam, berkat penglihatan yang tajam tersebut, elang dapat dengan mudah melihat mangsanya sehingga berkat cengkramannya yang kuat pula, elang mampu menangkap mangsanya dengan tingkat keberhasilan yang tinggi.

Kelebihan-kelebihan elang yang seperti ini, menjadikan elang sangat cocok dipakai sebagai simbol untuk menunjukkan kekuatan, kemampuan, dan keberhasilan.

Contoh-contoh penggunaan garuda sebagai lambang / simbol



Sumber : http://artheaven-td2b.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar