Selasa, 05 Mei 2009

Apa itu ambient media?



Ambient media merupakan salah satu strategi beriklan yang tujuan utamanya adalah untuk membangkitkan feeling dan mood konsumen agar merasa nyaman dan suka ketika berinteraksi dengan produk atau layanan yang ditawarkan oleh produsen. Semangat yang dibawa oleh ambient media adalah memberikan memorable expeperience kepada konsumen. Dalam perkembangannya ambient media menjadi sebuah kegiatan below the line yang terintegrasi dengan media. Ambient media juga bisa disebut sebagai media lingkungan (Lwin dan Aitchison:2002).

Banyak perusahaan-perusahaan besar meraih sukses dengan teknik periklanan ini. Hal ini sudah dibuktikan oleh beberapa perusahaan besar seperti McD dan Axe.



Ada beberapa faktor pendukung pesatnya pertumbuhan ambientmedia sebagai salah satu strategi beriklan, antara lain:
  • Menurunnya kekuatan media konvensional (seperti spanduk, banner, billboard dll)
  • Semakin semrawutnya jumlah iklan televisi yang menggempur konsumen setiap hari
  • Adanya tuntutan permintaan yang semakin tinggi terhadap mediakomunikasi non konvensional, media yang tidak biasa -out of standard- dan menarik
  • Kebutuhan untuk menjaring target audience yang lebih signifikan bagi produk
  • Perkembangan teknologi, multi media, internet dan sebagainya
  • Ambient media memiliki salah satu sifat yang unik, yaitu sifat hidden(tersembunyi) bagi pesan yang disampaikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar