Jumat, 10 April 2009

Bagaimana cara merawat anjing hamil?

Masa kehamilan pada anjing berlangsung cukup singkat, yaitu berkisar antara 58-65 hari. Hal ini tidak selalu diketahui oleh pemilik anjing yang baru pertama kalinya mempunyai anjing yang hamil.

Cukup sering juga terjadi, pemilik anjing sedang berada di luar kota atau sedang tidur nyenyak pada waktu anjingnya melahirkan. Tidak semua induk anjing dapat melahirkan secara normal tanpa pertolongan, sering terjadi kematian pada anak anjing dan / atau induk anjing. Ini tentu saja merupakan hal yang paling tidak dikehendaki oleh pemilik anjing.

Tanda-tanda kehamilan

Usia kehamilan dihitung dari hari pemacakan. Pembesaran kandungan mulai dapat diraba pada usia kehamilan 3-4 minggu. Ini bukan suatu hal yang mutlak, karena pembesaran itu sulit dideteksi pada anjing-anjing yang gemuk. Pemeriksaan darah atau air seni untuk menentukan kehamilan seperti pada manusia, tidak dapat dilakukan pada anjing. Usia kehamilan 3 minggu sudah dapat diketahui secara pasti dengan USG (ultrasonografi).

Perut mulai kelihatan membesar dan payudara mulai berkembang pada usia kehamilan 4-5 minggu. Namun ,ini juga tergantung dari jumlah dan besarnya anak. Tanda-tanda ini makin jelas dengan bertambahnya umur kehamilan.

Pada usia kehamilan 6 minggu, sebaiknya induk anjing dikontrolkan ke dokter hewan untuk memastikan kehamilan, apakah ukuran pinggul induk cukup baik untuk kelahiran normal, serta memeriksakan kesehatan secara umum. Pemeriksaan dengan X-ray sudah bisa dilakukan, karena pada saat ini, tulang-tulang bayi mulai mengeras. Di samping untuk memastikan adanya kehamilan, pemeriksaan X-ray juga dilakukan terutama pada anjing –anjing jenis kecil untuk mengetahui jumlah, ukuran dan posisi anak anjing.

Payudara sudah menghasilkan susu beberapa hari sebelum kelahiran . Tetapi ada anjing – anjing tertentu yang hanya sedikit sekali produksi susunya, dan baru keluar pada saat atau setelah anaknya lahir. Menjelang kelahiran, payudara induk perlu dibersihkan untuk menghilangkan kotoran-kotoran yang melekat pada bulu, kulit dan puting susu.

Pemberian makanan

Pada awal kehamilan jatah makanan masih belum perlu ditambah. Terlalu banyak makan tidak saja menyebabkan induk menjadi gemuk, tetapi anak-anak anjing di dalam kandungan juga menjadi gemuk, sehingga bisa menyebabkan kesulitan pada waktu melahirkan.

Makanan boleh ditambah sejak minggu ke 5 atau ke 6. Penambahan dilakukan secara bertahap, sehingga pada minggu terakhir kehamilan, penambahannya sekitar 20-30% dari porsi semula. Pada induk anjing yang jumlah anaknya banyak, sehingga tubuhnya kelihatan kurus (dilihat dari tulang-tulang rusuk, tulang belakang dan tulang pinggul), ransum makanan boleh ditambah lagi.

Sebaiknya, induk anjing diberi makanan yang sudah mengandung kalori, nilai gizi dan vitamin yang seimbang, yaitu dogfood yang berkualitas baik. Pemberian vitamin dan mineral yang berlebihan tidak diperlukan, dan malah kurang baik untuk pertumbuhan anak-anak anjing. Tetapi bila makanan yang diberikan berupa nasi dan anjing, misalnya maka pemberian suplemen vitamin dan mineral sangat diperlukan.

Latihan Fisik dan aktivitas

Pada anjing-anjing yang biasa dilatih, latihan boleh dijalankan terus setelah perkawinan, tetapi sebaiknya hindari latihan yang terlalu berat. Latihan harus mulai dikurangi, saat mulai menginjak minggu ke 4 atau ke 5. Meskipun demikian, aktivitas fisik ringan seperti berjalan, tetapi diperlukan untuk menjaga kesehatan dan kelancaran kelahiran.

Sebagai perkecualian, tentu saja anjing dengan riwayat keguguran. Pada induk anjing yang pernah keguguran, aktivitas boleh langsung dikurangi setelah perkawinan.

Whelping box

Whelping box adalah kotak tempat induk anjing melahirkan dan mengasuh anak-anaknya. Sementara menantikan saat kelahiran, harus disiapkan satu whelping box. Ukurannya tergantung besar induk anjing. Biasanya panjang dan lebar kotak satu setengah kali panjang induk anjing, dengan tinggi antara 20-40 cm.

Sebelah dalam kotak ini harus diberi papan-papan horizontal yang sejajar dengan dasar kotak, dengan lebar antara 5-8 cm juga dari dasar kotak. Kegunaannya adalah untuk mengurangi kemungkinan anak anjing tergencet oleh induknya (lihat gambar).

Lebih baik lagi bila salah satu sisi dari kotak bisa diturunkan, untuk mempermudah induk anjing keluar masuk whelping box .

1 komentar:

jerr w mengatakan...

Bisnis Online Yang Menjadikan Facebook Sebagai
Media/Sarana Penghasil Uang Dengan System Terbaru
Komisi 100% Untuk Anda ,dengan hasil yang luar biasa dan sangat mudah dijalankan,
dan satu lagi,bagi yang mempunyai blog,blog anda akan bertambah fungsi sebagai mesin penghasil uang anda.
Klik atau copy paste link berikut:

http://tinyurl.com/bv5oe2e

Apabila anda bergabung sekarang kami berikan cashback sebesar 50%

sms:085641877372 atau email saya: xtshop30@gmail.com

Poskan Komentar