Selasa, 28 April 2009

Apa itu internet?

Internet adalah jaringan komputer yang saling terhubung secara global yang memungkinkan pengguna internet saling bertukar informasi/data melalui jaringan tersebut. Internet adalah sistem komunikasi data berskala global, suatu infrastruktur yang terdiri dari hardware dan software yang menghubungkan komputer yang berada di jaringannya.

Internet berbicara mengenai jaringan komputer yang terhubung dan saling berinteraksi satu sama lain dalam skala global.

Kemunculan internet dimulai pada 1966, oleh ARPA (Advanced Research Project Agency - Salah satu divisi di departemen pertahanan U.S.) dengan ide yang sangat simpel: membuat jaringan komputer militer yang mampu bertukar data dari tempat yang jauh.


Manfaat Internet

Secara umum manfaat yang dapat diperoleh apabila seseorang mempunyai akses ke internet adalah memperoleh informasi untuk kehidupan pribadi, kesehatan, rekreasi, hobby, pengembangan pribadi, rohani, sosial, informasi untuk kehidupan profesional/pekerja :sains, teknologi, perdagangan, saham, komoditas, berita bisnis, asosiasi profesi, asosiasi bisnis, dan tersedia juga berbagai forum komunikasi untuk terhubung dengan pengguna internet lainnya. Hal yang menarik dari teknologi ini adalah akses informasi internet tidak mengenal batas geografis, negara, ras, kelas ekonomi, ideologi atau faktor faktor lain yang biasanya dapat menghambat pertukaran pikiran. Dari aktifitas tanpa batas ini, internet mampu menciptakan komunitas-komunitas unik dan mempunyai aturan atau kode etik tersendiri serta tidak menutup kemungkinan akan menghasilkan suatu kerjasama diantara mereka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar